Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. salah satu tugas manajemen puncak yaitu salah satu tugas dari manajemen puncak adalah salah satu tugas manajemen puncak adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh manajemen tingkat menengah yaitu

Tingkatan Manajer

Piramida jumlah karyawan pada organisasi dengan struktur tradisional, berdasarkan tingkatannya.

Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer sering dikelompokan menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama (biasanya digambarkan dengan bentuk piramida, di mana jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada di puncak). Berikut ini adalah tingkatan manajer mulai dari bawah ke atas:

– Manajemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).

– Manajemen tingkat menengah (middle management), mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.

– Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer. Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).

Jadi semakin tinggi kedudukan seseorang, semakin banyak memerlukan keterampilan administrasi/manajemen, tetapi keterampilan operasionalnya semakin rendah. Sebaliknya semakin rendah kedudukan seseorang, maka keteramplian operasionalnya semakin tinggi, sedangkan keterampilan administrasinya/manajemennya makin rendah.

Dengan bahasa yang sederhana, sebetulnya ketiga jenis tingkatan manajemen tersebut bekerja pada waktu yang sama, tetapi jenis kegiatannya berbeda. Manajemen Tingkat Atas lebih banyak bekerja dengan pikiran, sedikit sekali bekerja secara fisik atau tenaga. Manajemen Tingkat Menengah, antara kerja pikir dengan kerja fisik boleh dikatakan seimbang. Sedangkan Manajemen Tingkat Bawah, bekerja dengan pikiran sedikit sekali, sementara dengan fisik atau tenaga amat besar/banyak.

Simak juga produk kami: Sistem Point of Sales POS ZetaPOS 

Kebutuhan Informasi

Informasi yang dibutuhkan oleh seorang Top Management biasanya bersumber dari hal-hal yang berada di luar perusahaan (eksternal) yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi jalannya bisnis. Contohnya adalah keadaan pasar (market), kecenderungan ekonomi (trend), gejala-gejala sosial masyarakat, kedatangan para pesaing baru, kebijakan pemerintah, dan lain sebagainya.

Informasi yang dibutuhkan Midle Management, informasi eksternal maupun internal dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Contoh informasi dari luar perusahaan yang dibutuhkan adalah mengenai jenis-jenis bahan mentah atau bahan baku beserta kualitas dan harganya, teknologi baru penunjang penciptaan produk atau jasa, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh informasi internal yang dibutuhkan adalah seperti stok barang di gudang, service level kepada pelanggan, dan lain sebagainya.

Informasi yang dibutuhkan Lower Management yang lebih membutuhkan informasi berkaitan dengan internal perusahaan, seperti utang pelanggan yang telat dibayar, pesanan yang belum dikirim, ketersediaan sumber daya manusia untuk produksi, dan lain sebagainya.
Peran manajer

Peran-peran Manajerial menurut Henry Mintzberg:

– Peran antarpribadi
Merupakan peran yang melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.

– Peran informasional
Meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara.

– Peran pengambilan keputusan
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.

Fungsi Manajemen menurut Henry Fayol :
– Planning (Perencanaan)
– Organizing (pengorganisasian)
– Staffing (Penyusunan staff)
– Directing (Pengarahan staff)
– Controlling (Pengendalian)

Simak juga produk kami: Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit SIMRS ZetaSIMRS 

Mintzberg kemudian menyimpulkan bahwa secara garis besar, aktivitas yang dilakukan oleh manajer adalah berinteraksi dengan orang lain.

Simak Juga:  Enterprise Resource Planning ERP

Keterampilan Manajer

Gambar ini menunjukan keterampilan yang dibutuhkan manajer pada setiap tingkatannya.

Robert L. Katz pada tahun 1970-an mengemukakan bahwa setiap manajer membutuhkan minimal tiga keterampilan dasar. Ketiga keterampilan tersebut adalah:

– Keterampilan konseptual (conceptional skill)
Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide serta konsep tersebut kemudian haruslah dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu. Proses penjabaran ide menjadi suatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Oleh karena itu, keterampilan konsepsional juga meruipakan keterampilan untuk membuat rencana kerja.

– Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill)
Selain kemampuan konsepsional, manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengan komunikasi yang persuasif, bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah.

– Keterampilan teknis (technical skill)
Keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain.

Simak juga produk kami: Sistem Informasi Sumber Daya Manusia SISDM ZetaSISDM 

Selain tiga keterampilan dasar di atas, Ricky W. Griffin menambahkan dua keterampilan dasar yang perlu dimiliki manajer, yaitu:

– Keterampilan manajemen waktu
Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana. Griffin mengajukan contoh kasus Lew Frankfort dari Coach. Pada tahun 2004, sebagai manajer, Frankfort digaji $2.000.000 per tahun. Jika diasumsikan bahwa ia bekerja selama 50 jam per minggu dengan waktu cuti 2 minggu, maka gaji Frankfort setiap jamnya adalah $800 per jam—sekitar $13 per menit. Dari sana dapat kita lihat bahwa setiap menit yang terbuang akan sangat merugikan perusahaan. Kebanyakan manajer, tentu saja, memiliki gaji yang jauh lebih kecil dari Frankfort. Namun demikian, waktu yang mereka miliki tetap merupakan aset berharga, dan menyianyiakannya berarti membuang-buang uang dan mengurangi produktivitas perusahaan.

– Keterampilan membuat keputusan
Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya. Kemampuan membuat keputusan adalah yang paling utama bagi seorang manajer, terutama bagi kelompok manajer atas (top manager). Griffin mengajukan tiga langkah dalam pembuatan keputusan. Pertama, seorang manajer harus mendefinisikan masalah dan mencari berbagai alternatif yang dapat diambil untuk menyelesaikannya. Kedua, manajer harus mengevaluasi setiap alternatif yang ada dan memilih sebuah alternatif yang dianggap paling baik. Dan terakhir, manajer harus mengimplementasikan alternatif yang telah ia pilih serta mengawasi dan mengevaluasinya agar tetap berada di jalur yang benar.

Etika Manajerial

Etika manajerial adalah standar prilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka. Ada tiga kategori klasifikasi menurut Ricky W. Griffin:
– Perilaku terhadap karyawan
– Perilaku terhadap organisasi
– Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya

Tingkatan Manajemen
Tingkatan Manajemen

Tugas SDM CRM Terbaik CRM Terlengkap CRM Paling Baik CRM Paling Murah CRM Paling Lengkap CRM Termurah RIS Terlengkap RIS Terbaik RIS Termurah RIS Paling Murah RIS Paling Lengkap SIMRS Paling Lengkap SIMRS Paling Murah SISDM Paling Murah SISDM Paling Mudah SIMRS Paling Mudah PACS Terbaik PACS Termurah PACS Paling Murah PACS Paling Lengkap PACS Paling Mudah WMS Terbaik WMS Termurah WMS Terlengkap SISDM Terbaik SISDM Termurah SISDM Terlengkap HRIS Terbaik HRIS Termurah HRIS Terlengkap Sistem Farmasi terlengkap Sistem Farmasi Terbaik Sistem Farmasi Termurah Sistem Farmasi termudah sistem farmasi paling mudah SIE terlengkap SIE termudah SIE paling mudah SIMRS termudah SIMRS paling mudah SIRS termudah SIRS paling mudah SIMRS termurah SIMRS terbaik SIMRS terlengkap Sistem Informasi Manajemen RS terlengkap Sistem Informasi Manajemen RS termudah Sistem Informasi Manajemen RS paling mudah SIE Terlengkap Sistem Enterprise Terlengkap Sistem Enterprise Termurah SIE Terbaik SIMRS Terbaik ERP Terbaik ERP Terlengkap Sistem Logistik Termurah Sistem Logistik Terbaik Sistem Purchasing Terbaik Sistem Pengadaan Terbaik Sistem Akuntansi Terbaik Sistem Informasi Manajemen RS Terbaik Sistem Manufaktur Terbaik Sistem Informasi Manufaktur Terbaik Sistem Informasi SDM Terbaik Sistem Informasi Rumah Sakit Terbaik SIE Murah SIE Terjangkau SIMRS Murah SIMRS Terjangkau SIMRS Termurah SIMRS Gratis SIMRS Terbaru SIRS Murah SIRS Terjangkau SIRS Termurah SIRS Gratis SIRS Terbaru ERP Terbaru ERP Termurah ERP Terjangkau ERP Gratis Sistem Logistik Logistics System Sistem Akuntansi Accounting System Sistem Purchasing Hospital Information System HIS Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Sistem Informasi Manajemen RS Sistem Informasi RS Sistem Informasi Enterprise Sistem Informasi Rumah Sakit SIRS Sistem Informasi Manufaktur Sistem Informasi SDM Apotek Farmasi Rawat Jalan Rawat Inap Rawat Luka Dokter Paramedis Perawat ICU HCU ICCU IGD ER RM Rekam Medis Fisioterapi Rehabilitasi Medis Laboratorium Radiologi Komite Medik Admisi Discharge Poli Poliklinik Produksi Perencanaan HRD HRIS Sistem Enterprise Sistem Informasi Enterprise Human Resource IT Helpdesk KSO Kerja Sama Operasional Realisasi Produksi Android Studio Xamarin Microsoft SQL Server SQLServer Windows Server Production Planning Inventory Control PPIC Diznet Indo Zahira Datacube Enterprise Sistem Informasi Hotel Sistem Informasi Manajemen Hotel SIM Rumah Sakit Sistem Hotel Sistem Restoran Sistem Restaurant Sistem Manajemen Restoran Sistem Manajemen Restaurant Sistem Penjualan Point of Sales POS Sistem Informasi Manufaktur SIMANU Sistem Informasi Rumah Sakit SIRS Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit SIMRS Sistem IGD Instalasi Gawat Darurat Instalasi Rawat Jalan IRJ Instalasi Rawat Inap IRNA Instalasi Laboratorium Instalasi Radiologi Pelayanan Medis Pelayanan Medik Komite Medik Komdik Akreditasi Rumah Sakit Akreditasi RS Akreditasi Hotel Akreditasi Perhotelan Sistem Perhotelan Sistem Perencanaan Sistem Perencanaan Produksi Sistem Laboratorium Sistem Radiologi Instalasi Rehabilitasi Medis Instalasi Rehabilitasi Medik IRM Sistem Manajemen Hotel Koperasi Simpan Pinjam KSP Pinjaman Online Pinjol Aplikasi Hotel Aplikasi Perhotelan Sistem Informasi Perhotelan Sistem Informasi HRD Sistem HRD Sistem SDM Aplikasi SDM Aplikasi HRD Aplikasi Koperasi Sistem Koperasi Sistem Informasi Koperasi KRS Keluar Rumah Sakit Keluar RS Masuk Rumah Sakit MRS Masuk RS Sistem Informasi Laboratorium PACS Sistem Informasi Radiologi Picture Archiving and Communication System LIS RIS Radiology Information System Laboratory Information System Laboratorium Information System RJ45 RJ-45 RJ11 RJ-11 Enterprise Resource Planning Perawat Sistem Perawat Sistem Informasi Perawat Sistem Keperawatan Sistem Informasi Keperawatan Human Resource Department Human Resources Department KSO Termurah KSO Murah KSO Terjangkau Kerja Sama Operasional Murah Kerja Sama Operasional Termurah Kerja Sama Operasional Terjangkau Program Gratis Aplikasi Gratis Kerja Sama Operasional Gratis Bantuan Gratis Program Bantuan Program Aplikasi Bantuan Aplikasi Sistem Bantuan Sistem diznet indo zahira zahir indozahira indozahir zahirindo zahiraindo advertising sosial media sosialmedia sosialmediaadvertising mediaadvertising sosialadvertising sosialmediamarketing sosial media marketing mediamarketing sosialmarketing sosialmediamarketing cold storage mesin produksi es balok mesin es balok dizindo diz diznet diznetindo diznet indo zahir diznetindozahir diznetindozahira diznet indo zahira chiller freezer ruang pendingin ruang es diznet cold storage diznet custom cold storage jual mesin produksi es balok jual cold storage jual freezer storage jual chiller storage diznet indo zahira indo zahir indozahir indozahira datacube diz dizindo sistem adalah sistem enterprise adalah sistem informasi enterprise adalah enterprise sistem adalah teknologi adalah igd adalah instalasi adalah gawat darurat adalah instalasi gawat darurat adalah datacube adalah datacube enterprise adalah triage adalah android adalah google adalah diznet adalah diznet indo zahira indozahir zahir diznetindo diznetindozahira datacube enterprise datacubeenterprise sistem enterprise sistementerprise manufaktur sistem manufaktur sistemmanufaktur berita teknologi terbaru berita tekno terbaru berita gadget terbaru info gadget terbaru info teknologi terbaru info tekno terbaru berita tekno terbaru apple adalah iphone adalah samsung adalah oppo adalah handphone adalah smartphone adalah apple iphone samsung galaxy smartphone android smartphone ios handphone android murah xiaomi smartphone samsung smartphone handphone honor handphone rog handphone lenovo handphone lg handphone xiaomi handphone samsung hp samsung hp xiaomi hp asus hp motorola hp redmi hp realme hp lg hp nubia hp murah ram besar hp seken murah hp second murah hp 4g termurah hp murah 4g aplikasi erp termurah software erp termurah aplikasi sirs termurah software sirs termurah aplikasi simrs termurah software simrs termurah logistik keuangan pengadaan purchasing purchase pembelian distribusi dokter spesialis profesor sub spesialis laboratorium verlos kamer operating kamer igd ugd instalasi gawat darurat instalasi rawat jalan instalasi rehabilitasi medik rekam medis rekam medik radiologi linen gudang customer care customer service cs cleaning service front office admission discharge discharging instalasi rawat inap icu iccu hcu high care unit intensive case unit intensive coronary care unit paediatric mcu medical check up gizi marketing public relation public relations farmasi apotek mri usg ultra sono graph ct scan ct-scan kondom condom motherboard network card engineer engineering modem usb type c hdmi mouse keyboard monitor ecg ekg elektronik kardio gram electronic cardio gram modality modalisis icd x icd-x coding koding berkas pemberkasan akademik mahasiswa siswa sekolah sisdm hris human resource department hrd sdm sumber daya manusia ppic production planning inventory control erp murah mrp murah erp terbaik erp termurah realme termurah asus termurah iphone termurah samsung termurah redmi termurah xiaomi termurah mi termurah blackshark termurah nokia termurah smart tv termurah smart tv murah android tv murah android tv termurah simrs adalah sirs adalah pengertian sirs pengertian simrs sistem logistik adalah logistik adalah pengadaan adalah purchasing adalah usb type c usb4 usb 4.0 adalah hdmi adalah mri adalah usg adalah ekg adalah ctscan adalah ct-scan adalah ct scan adalah icdx adalah icd-x adalah sdm adalah hris adalah sisdm adalah sistem sdm adalah erp adalah mrp adalah pacs adalah vendor ctscan vendor mri vendor usg vendor eximeter vendor oxymeter kalla group mnc group bca group lippo group vendor sirs vendor simrs vendor it vendor rumah sakit vendor rs vendor erp vendor mrp vendor hris vendor sisdm vendor crm vendor sdm vendor logistik vendor pengadaan vendor farmasi vendor apotek vendor sistem vendor sistem informasi vendor ppic vendor qc vendor pharmasi vendor igd vendor irna vendor irj vendor ibs vendor lab vendor laboratorium vendor radiologi vendor pacs vendor imaging vendor kafe vendor akuntansi vendor manufaktur vendor besi vendor cold storage vendor refrigerator PACS termurah PACS terbaik PACS gratis LIS termurah LIS gratis LIS terbaik RIS gratis RIS termurah RIS terbaik Sistem Laboratorium gratis Sistem Laboratorium termurah Sistem Laboratorium terbaik Sistem Radiologi gratis Sistem Radiologi termurah Sistem Radiologi terbaik inventory control adalah pengendali persediaan adalah logistik adalah logictics adalah gudang adalah akuntansi persediaan adalah eoq adalah els adalah akuntansi keuangan adalah kasir adalah pembayaran adalah ovo adalah gopay adalah etika mobile adalah pandu mobile adalah conos mobile adalah spital mobile adalah pos gratis point of sales gratis sirs yang dipakai saat ini enterprise information system dalam proses bisnis pengembangan aplikasi perangkat lunak adalah menejer puncak manajemen puncak pendekatan dalam perencanaan manajemen sumber daya manusia adalah tingkatan manajemen operasional top level manajemen adalah etika profesi data analyst pengembangan perangkat lunak cakupan sistem enterprise proses bisnis dan enterprise information system informasi perusahaan information enterprise sistem informasi manajemen di dalam enterprise wide adalah tugas manajemen puncak elemen sistem enterprise konsep erp di pemerintahan proses bisnis sistem enterprise tujuan sistem informasi adalah SI adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh manajemen tingkat menengah adalah salah satu tugas dari manajemen puncak adalah zetaedge salah satu tugas manajemen puncak yaitu

Simak Juga:  Datacube Tutorial: Asesmen Medis Instalasi Rehabilitasi Medis IRM