Cold Storage memiliki beberapa komponen yang saling terikat satu dengan yang lain. Apabila salah satu dari komponen tersebut rusak, maka kinerja ruang pendingin tidak lagi maksimal.

Suhu udara yang dihembuskan juga tidak dingin. Maka diperlukan beberapa perawatan mesin sebagai berikut:

1. Pengecekan Tekanan Freon
Salah satu komponen cold storage yang mungkin sering kamu dengar yaitu freon atau refrigerant. Freon sendiri berupa cairan yang fungsinya untuk memberi hawa sejuk sehingga hawa di dalam ruangan menjadi dingin.

Pada sistem kerja cold storage, takaran dari freon haruslah pas. Kelebihan dan kekurangan freon akan menyebabkan masalah pada mesin.

Pengecekan tekanan freon dilakukan menggunakan alat bernama manifold gauge. Alat ini secara otomatis akan menunjukkan apakah tekanan freon tinggi ataupun rendah. Tekanan tinggi biasanya ditunjukkan dengan garis merah. Sedangkan, tekanan rendah biasanya ditunjukkan dengan garis biru.

Agar freon tetap awet, usahakan untuk melakukan pengukuran terhadap tekanannya secara rutin. Pastikan tekanan freon tidak berlebih ataupun rendah.

2. Pembersihan Kondensor
Kondensor berfungsi sebagai alat penukaran kalor, menurunkan temperatur refrigrant dari bentuk gas menjadi cair. Kondensor dalam sistem cold storage merupakan alat yang digunakan untuk merubah gas refrigrant bertekanan tinggi menjadi cairan. Kerja alat tersebut menghilangkan panas dari refrigerant ke temperature atmosfir.

Kondensor terdiri dari coil dan fan yang berfungsi mendinginkan refrigerant ketika udara tertiup diantaranya. Sejumlah kalor yang terdapat pada refrigerant dilepaskan ke udara bebas dengan bantuan kipas (fan motor).

Agar proses pelepasan kalor bisa lebih cepat, pipa kondensor didesain berliku dan dilengkapi dengan sirip. Untuk itu, pembersihan sirip-sirip pipa kondensor sangat penting agar perpindahan kalor refrigrant tidak terganggu.

Jika sirip-sirip kondensor dibiarkan dalam kondisi kotor, akan mengakibatkan mesin pendingin menjadi kurang maksimal dan pemakaian listrik yang semakin besar serta akan mengakibatkan kerusakan pada unit kompresor.

Kondensor harus dibersihkan dari debu yang menempel menggunakan kuas maksimal secara berkala. Jika unit kondensor dibantu fan kondensor Bersihkan fan kondensor dan lumasi motor fan kondensornya..

3. Pembersihan Evaporator
Evaporator adalah alat untuk menguapkan refrigerant di dalam pipa-pipa dan kemudian mendinginkan fluida yang lewat di luar pipa tersebut. Evaporator dibersihkan dari kotoran yang menempel menggunakan kuas atau sikat. Jika unit Evaporator memiliki bunga es cairkan dengan mematikan mesin dan biarkan cair dengan sendirinya, jangan coba membersikanya dengan memukul atau mencongkelnya dengan benda tajam karena bisa merusak unit Evaporator.

Bersih dan kotornya unit Evaporator berpengaruh besar dalam proses pendinginan suatu mesin pendingin, jika Evaporator kotor maka proses pendinginan berjalan dengan lambat atau bahkan tidak dingin sama sekali.

4. Pengecekan Komponen-Komponen Mesin
Pengecekan komponen lainnya terdiri dari pengecekan kabel-kabel yang sudah kering karena suhu panas, pengecekan tegangan dan ampere (memastikan mesin bekerja pada batas tegangan dan ampere yang seharusnya seperti tertera pada plat kompresor, jika bekerja diatas atau dibawah tegangan dan ampere yang diijinkan maka harus di cari penyebabnya dan diperbaiki), dan pengecekan pipa-pipa pendingin.

Cold Storage
Cold Storage

diznet indo zahira indozahir zahir diznetindo diznetindozahira datacube enterprise datacubeenterprise sistem enterprise sistementerprise manufaktur sistem manufaktur sistemmanufaktur berita teknologi terbaru berita tekno terbaru berita gadget terbaru info gadget terbaru info teknologi terbaru info tekno terbaru berita tekno terbaru apple iphone samsung galaxy smartphone android smartphone ios handphone android murah xiaomi smartphone samsung smartphone handphone honor handphone rog handphone lenovo handphone lg handphone xiaomi handphone samsung hp samsung hp xiaomi hp asus hp motorola hp redmi hp realme hp lg hp nubia hp murah ram besar hp seken murah hp second murah hp 4g termurah hp murah 4g aplikasi erp termurah software erp termurah aplikasi sirs termurah software sirs termurah aplikasi simrs termurah software simrs termurah logistik keuangan pengadaan purchasing purchase pembelian distribusi dokter spesialis profesor sub spesialis laboratorium verlos kamer operating kamer igd ugd instalasi gawat darurat instalasi rawat jalan instalasi rehabilitasi medik rekam medis rekam medik radiologi linen gudang customer care customer service cs cleaning service front office admission discharge discharging instalasi rawat inap icu iccu hcu high care unit intensive case unit intensive coronary care unit paediatric mcu medical check up gizi marketing public relation public relations farmasi apotek mri usg ultra sono graph ct scan ct-scan motherboard network card engineer engineering modem usb type c hdmi mouse keyboard monitor ecg ekg elektronik kardio gram electronic cardio gram modality modalisis icd x icd-x coding koding berkas pemberkasan akademik mahasiswa siswa sekolah sisdm hris human resource department hrd sdm sumber daya manusia ppic production planning inventory control enterprise resource planning material resource planning mrp erp