Cold storage merupakan suatu ruangan yang dirancang sedemikian rupa agar dapat mempertahankan tingkatan suhu tertentu. Ruang penyimpanan ini dibuat dengan tujuan untuk menaruh bermacam produk bahan makanan dan lain sebagainya agar kesegarannya dapat bertahan lebih lama.

Penyimpanan khusus ini pada umumnya dibuat berdasarkan kebutuhan spesifik dan luas bangunan yang tersedia di lokasi. Dengan mengoptimalkan luas bangunan yang bisa dibuat pada lokasi juga bertujuan agar pembuatan cold storage dapat memenuhi kebutuhan. Umumnya pembuatan storage ini dimulai dari survey lokasi guna memastikan bahwa segala kebutuhan penyimpanan beku tersebut dapat diakomodasi di lokasi.

Jenis Cold Storage dan Peruntukannya

Penyimpanan beku ini memiliki setidaknya 4 tipe antara lain chilled room, freezer room, blast freezer serta blast chiller.

Kedua tipe pertama umumnya dibuat untuk penyimpanan produk yang memutuhkan kondisi suhu tertentu, sementara blast freezer dan blast chiller lebih ditujukan untuk mendinginkan produk seketika dan menyimpannya dalam tingkatan suhu tertentu.

Chilled Room

Tipe chilled room umumnya memiliki kemampuan untuk kondisi suhu temperatur rendah dari 1°Chingga 7°C. Storage chilled seperti ini banyak digunakan untuk menaruh bahan makanan segar misalnya sayur-mayur, buah-buahan serta bahan makanan lain yang memiliki daya tahan kesegaran kurang dari 2 bulan (60 hari).

Selain itu, thawing room juga dapat digunakan pada chilled room ini menggunakan setelan temperature 10°C untuk meningkatkan temperature bahan baku segar tersebut sebelum masuk ke proses masak.

Freezer Room

Kondisi suhu yang dimiliki oleh freezer room ada pada temperatur -15°C hingga -20°C. Dengan suhu rendah tersebut, bahan makanan yang umumnya disimpan adalah daging, susu, keju dan lain sebagainya yang memerlukan temperatur pada suhu beku.

Blast Chiller

Untuk mendinginkan makanan yang sudah selesai dimasak dalam waktu singkat, maka blast chiller lebih umum digunakan. Storage ini memiliki kemampuan pendinginan temperatur antara 1°C – 4°C.

Blast Freezer

Penyimpanan ini banyak digunakan pada indistri makanan olahan dengan kemampuannya mendinginkan bahan baku secara instan. Makanan beku dan makanan olahan dapat disimpan pada suhu -20°C ~ -35°C.

Selain halnya untuk menyimpan bahan makanan, blast freezer dan blast chiller juga difungsikan untuk mencegah pertumbuhan bakteri, menjaga cita rasa, nutrisi dan kualitas makanan dan mengurangi tingkat kadar air pada makanan tersebut agar lebih awet.

Namun demikian, bahan makanan tersebut diletakkan pada tempat yang sesuai maka kualitas bahan dapat berkurang.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fungsi dari keempat tipe penyimpanan di atas sama-sama menyimpan produk atau stok dalam kondisi suhu tertentu agar terjaga kualitasnya.

Dalam kondisi yang disesuaikan serta standar operasi perusahaan yang baik, maka kualitas stok dan distribusi produk menjadi lebih optimal.

Dengan karakteristik penyimpanan yang ditawarkan, maka bidang usaha yang banyak menggunakan penyimpanan ini adalah perusahaan bidang industri es, perikanan, daging, buah, sayur hingga bahan makanan segar yang lain.

Custom Cold Storage
Custom Cold Storage

————
butuh cold storage ukuran besar
fixkan kapasitas dan dimensi ruangan
untuk tanya harganya via WhatsApp 085695983939
cold storage minimum kapasitas 2ton
(ukuran 2M x 2M x 2.5M)

butuh mesin produksi es balok
mesin produksi es balok hingga 60ton per hari
(8jam produksi, per balok 40kg)

melayani pengiriman seluruh indonesia

Custom Cold Storage: Selengkapnya

#coldstorage #storage #cold #mesinproduksi #esbalok #balok #es #produksi #mesin #produksies #produksiesbalok #mesinproduksies #mesinproduksiesbalok #diznet #indo #zahir #zahira #diznetindo #indozahir #indozahira #diznetindozahir #diznetindozahira #dizindo #diz

cold storage mesin produksi es balok mesin es balok dizindo diz diznet diznetindo diznet indo zahir diznetindozahir diznetindozahira diznet indo zahira chiller freezer ruang pendingin ruang es

jual mesin produksi es balok jual cold storage jual freezer storage jual chiller storage