Analisa Proses Bisnis
Pengertian Analisis

Analisis merupakan kajian yang dilakukan guna untuk mengetahui strukturnya secara lebih mendalam. Analisis membutuhkan kegiatan/tenaga lebih ekstra untuk memahami suatu masalah secara lebih mendetail.

Pengertian Proses

Proses merupakan urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil.

Proses terdiri dari 2 (dua) jenis:

  • Proses Alami

Proses yang berjalan dengan sendiri tanpa didesain, seperti: proses penyerbukan bunga.

  • Proses Didesain

Proses berjalan yang didesain, seperti: proses pendaftaran mahasiswa. Proses ini didesain oleh Bagian Pendaftaran di UMK.

Pengertian Bisnis

Bisnis dapat diartikan mencari/mendapatkan keuntungan. Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian Proses Bisnis

Definisi dari Hammer dan Champy’s (1993):

“kumpulan aktivitas yang membutuhkan satu atau lebih inputan dan menghasilkan output yang bermanfaat/bernilai bagi pelanggan”

Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu. Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya.

Pengertian Analisa Proses Bisnis

Analisis Proses Bisnis adalah Kajian yang dilakukan untuk mengetahui urutan pelaksanaan dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan berbagai sumber daya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.

Karakteristik Proses Bisnis
  • Definitif

Definitif adalah suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.

  • Urutan

Urutan adalah suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang.

  • Pelanggan

Pelanggan adalah suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.

  • Nilai tambah

Nilai tambah adalah transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.

  • Keterkaitan

Keterkaitan adalah suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur organisasi.

  • Fungsi Silang

Fungsi silang adalah suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.

  • Pemilik Proses

Pemilik proses adalah orang yang bertanggung jawab terhadap kinerja dan pengembangan berkesinambungan dari proses, juga dianggap sebagai suatu karakteristik proses bisnis.

Tipe Proses Bisnis

Terdapat tiga jenis proses bisnis:

  • Proses Manajemen

yakni proses yang mengendalikan operasional dari sebuah sistem. Contohnya semisal Manajemen Strategis

  • Proses Operasional

yakni proses yang meliputi bisnis inti dan menciptakan aliran nilai utama. Contohnya semisal proses Pembelian, Manufaktur, Pengiklanan dan Pemasaran, dan Penjualan.

  • Proses Pendukung
    yang mendukung proses inti. Contohnya semisal Akuntansi, Rekrutmen, Helpdesk, Maintenance.

Datacube – Sistem Informasi Enterprise

Business Analysis
Business Analysis

diz
diznet
diznetindo
diznetindozahir
diznetindozahira
zahir
zahira
indo
indozahir
indozahira
analisa
proses
bisnis
analisaproses
analisaprosesbisnis